jalan2 IRMA GA part 2 : DANAU RANAU

Bismillah…

ya kali ini saya mencoba membuat jejak hidup saya, sebenarnya udah lama mau buat cerita jalan2 kayak gini…tapi baru sekarang kesampaian (*sok sibuk kale ya)…rencana jalan2 kali ini saya pergi dengan rombongan IRMA GA…destination kami yaitu perbatasan Lampung dengan Sumsel, tepatnya Danau Ranau…

subhanallah
gunung Seminung

Kami berangkat hari Kamis||23122010 kira2 jam 8an malam. Kami menyewa bus Sejiwa. Tak lupa saya menyetel dendang LaguMelayu-Pandji. Perjalanan kami malam itu dianggap mulus walaupun hujan sempat menghadang. Saya dan rombongan “mendarat” pukul 3.15 dini hari yg disambut hangat oleh keluarga salah satu teman disana (maklum kami numpang di rumahnya). Suasana dingin pagi itu mengingatkan saya akan jalan2 tahun lalu ke Pagar Alam.

trio sejiwa

Seusai solat subuh di mesjid, saya pun tak menyiakan momen sunrise d pinggir danau. Saya dan beberapa teman2 sungguh takjub dengan karya Sang Pencipta.SUBHANALLAH…!!!

seminung sunrise
model seminung sunrise

Banyaknya tujuan tempat wisata kami disana maka akan saya bagi menjadi beberapa bab :

Bab1 : menguak eksotisme airterjun 7 tingkat

Perjalanan kesini (jumat,24122010) merupakan perjalanan yg menguras waktu dan tenaga, betapa tidak setelah menempuh 30menitan melintasi air danau, kami berjalan  menelusuri hutan dan lembah *lebay dikit, lebih kurang 2KM (ada teman yg ngomong kalo kayak gini mah sama dengan pecinta alaaammm).

jalanan ke air terjun

Hahaha…saya hanya bisa tertawa, tapi saya rasa momen inilah yg akan terus diingat teman2 ketika menyebut RANAU…part of extreme memory… sebelum mencapai tujuan kita akan dipertemukan hamparan sawah nan hijau

sawah ranau

*mengingatkan saya dengan keelokan Kota Solok, ketika sampai di air terjun saya hanya termenung menganga 🙂 ,kata guide kami ada 7 tingkat, tapi disana ada sikok bae aia tajunnyo…hadeuuhh….

air terjun

Ternyata dan ternyata itu baru tingkat 1…. kami pun ditantang untuk naik ke tingkat 2…cadas…benar2 pecinta alam banget kami kemaren…jalan buat ke tingkat 2 sangat terjal, menguras adrenalin, dan juga licin *lebay lagi, tapi alhamdulillah teman2 pada bisa terima tantangan dengan selamat…kami pun sampai ke tingkat, saya dan 3 org rekan yg mempunyai “jiwa kehutanan” tertantang untuk naek ke tingkat selanjutnya…hajar gaaaann….kami pun berlomba naik ke atas walaupun batu2 air terjun sangat licin (*kondisi lagi kemarau jadi air terjun tidak terlalu deras) dan dikerumuni lintah *baru sadar ketika telah sampai di tingkat 4…langsung kami ber4 jadi histeris…(hanya 4 org sampai tingkat 4)…wkwkwkw….kami langsung turun kembali ke bawah…(peng-abadian momen pun batal dilakukan…*k.e.c.e.w.a)…  But, its oke boyy… setelah sampai di tingkat 1 kembali kami pun “mengaduk2” pakaian kami kalau2 masih ada lintah yang betah bercumbu di badan kami…

anak hutan

Bab2 : trip to Lumbok

welcome lumbok

Perjalan ke Lumbok dilakukan pada hari sabtu….seperti biasa kami menyewa ketek. Gambaran kami dari jauh Lumbok ini baagooss…czo ada bangunan2 yang “kelihatan mewah” dari atas danau, tapiii ternyata sampai sana kayaknya tempat ini seperti “tempat hantu”,kosong semua..padahal fisik bangunan masih okeeee…tapi tak apalah…mungkin dibutuhkan keseriusan pemda setempat mendayagunakan secara maksimal tempat ini…cz latarnya baguss…ada gunung Seminung dan danau Ranau…

tugu lumbok
narsis dikit :D
narsis dikit 😀
WOW

Bab3 : Marisa Island

Begitu mendengar nama pulaunya, yang saya bayangkan gimana getoh. Tapi…sirna sudah penerawangan saya tersebut…ternyata pulau ini hanya pulau kosong tak berpenghuni yang biasanya dilakukan nelayan atau turis seperti saya ini tempat m.a.k.a.n. Haahahahaaa….langsung bae masuk bab 4 kita…

tawanan ranau !

Bab4 : Kolam Aia Angek

kolam air panas

Nah..disini ternyata kolamnya itu berada di pinggir danau ranau, yang saya pikirkan pertama kali..KOK BISAA?? Ditelisik lebih dalam ternyata yg sumber air panas berasal dari kaki gunung Seminung yang mengalir melalui celah2 di pinggir danau… Dan oleh warga setempat dijadikan kolam… ooo..gituuu…(mengurungkan niat buat berendam disini).

lokasi berendam

Bab5: P.U.S.R.I

Pertama dengar kata Pusri saya pikir Pusri buat cabang pabrik disini…ternyata yg ada disini cumalah Wismanya…penginapan buat para pengunjung… di kawasan ini pun berdiri motel2 buatan pemda. Hhmmm… oiya..setelah sekian lama berkunjung di Danau Ranau..disini saya bisa menemukan aksesoris khas ranau seperti kaos oblong ranau, dompet mini khas ranau, d.l.l.

cowok2 IRMA GA

Akhirnya habis jatah jalan2 hari ini,saatnya berlayar kembali ke “tempat penampungan”.

Ops..sebelum mendarat mulus di daratan…kami bersama rombongan disinggahi badai di atas air danau…mengingatkan lagi dan lagi tragedi tahun lalu (*air terjun Lematang Indah) dimana hampir saja menjadi hari berkabung bagi IRMA GA…kapal ketek kami diajarkan buat bergoyang ke kanan kiri kanan kiri kanan kiri dst. Wooww…tak usah telalu diingat lah…biar menjadi  bahan renungan bagi kami semua yg diatas ketek.

seminung uyy

Akhirnya….selamat mendarat di terminal satu-satunya. Alhamdulilah…!!!

Malam hari sebelum kembali ke habitat masing2 di Layo kami adakan ROASTED-GRILLED FISH… maknyusss…

enak !

Paginya kami kembali menuju ladang jihad ilmi di Layo… sebelum pulang tak lupa kita mengucapkan berjuta2 terima kasih atas kesedian ANDRI IRAWAN menampung  saya dan rombongan IRMA GA yang ikut. Thanks brot…