KelilingSumbar (gagal)


Ya kali ini mau berbagi cerita dikit mengenai jalan2 ama sahabat sebelum balek kembali ke “medan jihad ilmu”…ciellee…

Yap..mari kita mulai…siapkan kopi secangkir dulu agar dapat menemani cerita saya kali ini…:D

Rencana awal, kami mau jalan2 dimulai dari Padang jam 1 siang…tapi berhubung empunya mobil gak bisa…maka diundur pk 16.00…tapi lagi dan lagi empunya mobil berhalangan dikarenakan mobil mau digunakan orangtuanya, mau tak mau diundur lagi jam 8 malam (ba’da isya)…huft…kami yang telah berkumpul ada 3 org ( TKH, RN, FAE ) harap maklum kepada empu mobil (DH) yang kayaknya sibuk banget….menunggu…menunggu…itulah yang kami alami ampe jam 11 malam yang akhirnya rencana perjalanan kami “sepertinya” akan lanjut besok pagi…..(ternyata emg iya)… Kami bertiga udah kecewa banget ama empu mobil…tapi karena si empu mobil ini orangnya pragmatis kalo minta maaf…kami pun luluh karenanya, malah merasa paling bersalah sebab si empu mobil ini lama datang ternyata lagi cari mobil lain (mobil pak eteknya) dikarenakan mobil dia gak bisa dipakai…Subhanallah…karena dari kemaren2 udah janji mungkin ya?? jadi dia gak mau buat kecewa teman2nya…jadi ampe malam pun tetap dicari… Kami pun merasa bersalah…sebab telah membebani beliau…tapi syukurlah dia gak terbebani ( *mungkin gak ya😀 ),jadi kami sepakati tetap enjoy walau mulai berangkat keesokan harinya dikarenakan hari telah larut malam…terpaksa kami malam itu nginap di rumah sepupu saya (FD).

Oiya, rencana kami mau jalan2 ini jika sesuai draft ( mulai jm 1 siang ) dimulai dari Padang – Solok – KebunTeh AlahanPanjang – DanauSingkarak – Payakumbuh (nginap di salah satu crew yg ikut) – BukitTinggi – Padang Panjang – Pariaman – Padang.  Lumayanlah lah gak?? Tapi sirna sudah draft tujuan kami tersebut. Jadi kita fokus pada yang akan terjadi aja. Saatnya memejamkan mata.

Oya,tak lupa kami memasang alarm Hp agar bisa bangun sebelum adzan subuh…tak lama kemudian keadaan kamar pun senyappppp….zzZZzz…

krrriinggg….krrriinggg….krrriinggg….

assalamu’alaikum…ya akhi ya ukhti…assalamu’alaikum…ya akhi ya ukhti…( ada yg nyetel laguOpick jadi alarm,,siapa yach??😀 )

Bunyi alarm diatas membangunkan seluruh penghuni kamar yang sedang enaknya bermimpi indah…tak lama berkumandanglah adzan Subuh…baru terbangun galo para “budak-budak” tadi…

Kami pun sepakat untuk solat subuh di mesjid Al-Marhamah di daerah ujung gurun…brrr…dinginnnya air mampu membuat berdiri bulu kuduk saya…brrr…kami pun segar setelah solat subuh berjemaah, emang dahsyat efek solat berjemaah!!!

Saatnya tancap gas…oya,ada satu lagi teman yangg perlu dijemput…yaitu VS, seorang wirausahawan muda asal Unand…hehe…

Akhirnya mobil yang kami tumpangi melaju cepat membelah jalanan bypas tanpa basa basi…supir kami yg juga empunya mobil membawa laju mobil ini seperti dia yang punya jalanan sendiri…(mungkin merasa bersalah atas keterlambatan semalam..ah biarlah, batinku dalam hati…kapan lagi…ckckck).

Lebih kurang 1 jam mobil yang telah kami tumpangi sampai di Malibou Anai…wwuiihh…cepatnya supir…*sambil geleng2 kepala…

Kami pun sempat ribut akan mandi dimana? sebab waktu di Malibou baru menunjukan jam 7 pagi…mana buka MalibouAnai jam segitu…kami pun sepakat untuk sarapan dulu di Padang Panjang…makan luontong gulai buncih angek-angek…Mantap nian coz udara dingin banget…

a

f

Setelah perut kenyang.kami pun kembali diskusi dimana hendak mandi, kami pun sepakat buat berenang aja di Payakumbuh, rencanca awal di Batang Tabik tapi berhubung guide kita, TKH lupa jalan kesana (*diragukan kualitas Payakumbuhnya)…kami pun mandi sekaligus berenang di kolam renang Ngalau, dekat gerbang masuk kota Payakumbuh.

d

Setelah berenang lebih kurang 1,5 jam kami pun mampir dulu ke rumah nenek guide kami, TKH di daerah gurun apo lah namonyo ko ha…daerah sesudah Mal payakumbuh kalo dari Padang..hehe.. Habis dari sana kami lanjut ke DANGUNG2 buat mencicipi satenya…c0z kata orang yo bana lamak satenya…wak ma pacayo gitu seh…ckck…

Ternyata jauuuuaaahhh bana ko haaa….lah konser lo paruik kami ko dek manuju ka daerah Dangung2 tu… Akhirnya setelah perjalanan 40 menitan lebih…terbayar sudah konser paruik ko… Yo bana lamak ruponyo ma… tapi maha bana ma buat kantong anak kos bantuak wak ko, 1 tusuk daging = Rp.2500…kami makan lah sampe 40 tusuak…lah saratuih ribu lo buek dagiang se…lun katupek lai…tapi bahubuang guide kami sedang elok (ruponyo hari itu jatah hiduiknyo bakurang,hehe😀 ), dak jadi ambo dan kawan-kawan yg bertiga lainya keluar fulus dari dompet tipis kami…hhmmmm…Alhamdullilah… Yo bana elok kwan surang tu (*ajaib mah). Semoga tambah banyak rajaki kwan wak surang tu,aamiin…

e

g

f

Habih dari sinan ado lo rencana jadi juo ka Batang Tabik tu…dak taulah matahari lah diateh kapalo… Akhirnya dek mamikian ambo yang ka nio pulang ka parantauan…diputuskan ka Kota Wisata BukikTinggi agar dapek ambo mambali keperluan buek urang-urang di rantau.

Di perjalanan dari Payakumbuh ka Bukik…muncul lah ide-ide narsis para crew yang di ateh oto untuk bakodak-kodak dulu…sabalun masuk ka Bukiktinggi..kami baranti di suatu daerah kayak lembah gitu..dak tau lah apo namonyo (maklum kami kan wisatawan)…ancak bana ko haaaaa suasananya…hamparan sawah dikelilingi bukit-bukit dengan latar belakang gunung Singgalang dan Merapi….ANCAK BANA…!!!😀

b

h

t

a

Kami pun sampai di Bukiktinggi…mulailah kami melancong lai…mengitari kawasan pasa Ateh dan sekelilingnya…akhirnya barang yg dicari buek oleh-oleh basobok juo di pasa Ateh…mulailah kalua jiwa Minang kami…(jreng..jreng…menawar setengah harga)…hahaha….tapi panjua tu dak lo amuah kalah jo jiwa tawa-manawa kami…setelah alot bernegosiasi akhirnya tercapailah kata : yo ambiaklah diak… (hahaahaha :D)

q

t

Setelah puas cuci mata di Pasa Ateh…saatnya bakodak lo liak di kawasan Jam Gadang Bukik…

h

n

Setelah puas bakodak-kodak di sekitar Jam Gadang, jam ketek di tangan lah manunjuakan pukul 17.35…kami pun bergegas pulang ke Padang lai…tapi sabalun pulang…wisata kuliner salayang lu di Bakso Samping Yasri Bukik….hmmm…lamak ma…

lah jam 6.10 sore, saatnya pulang wak lai…akhirnya tibo rumah pukua 8 malam…

Perjalanan yang melelahkan walaupun dak jadi keliling Sumbar….tetap seroooooooooooooo lahh…😀

*annual report ini sengaja memakai dwi bahasa (Indonesia & Minang)😀

8 thoughts on “KelilingSumbar (gagal)

  1. begitu indah ukhuwah…. persaudaraan yang akrab.. semoga Allah selalu mengeratkan tali persaudaraan kita.. walaupun demikian kita semua tetap senang.. canda dan tawa di atas mobil… penuh dengan keakraban.. subhanallah.. semoga terulang lagi.. amiin.

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s