Give The Best !


Di sebuah negeri antah berantah hiduplah dua orang pemuda yang gagah nan perkasa. Mereka bekerja untuk raja yang elok nan bijaksana. Tak lama lagi 2 orang pemuda ini akan pergi jauh meninggalkan kerajaan antah berantah. Mereka merasa telah cukup umur tuk mengabdi kepada kerajaan. Lebih kurang 4 bulan waktu normal mereka akan pergi. Kedua pemuda tadi telah mempunyai rencana yang matang pasca keluar dari kerajaan ini. Mereka ingin kehidupan baru yang lebih baik.

Mendengar berita mereka yang akan pergi jauh, sang raja yang bijaksana ingin memberikan pekerjaan terakhir kepada mereka. Sang raja ingin mereka menyelesaikan terlebih dahulu pekerjaan besar ini dengan sebuah prestasi gemilang. Dengan sisa 4 bulan lagi raja berharap hasil yang mereka kerjakan bermanfaat bagi rakyat kerajaan. Raja menginginkan 2 buah rumah terbaik dari mereka. Mendengar permintaan raja seperti itu, mau tak mau kedua pemuda tadi menerimanya. Salah satu pemuda sebut namanya Dzaki, yang satu lagi namanya Wahid. Si Dzaki merasa pekerjaan ini menantang baginya, sebuah kehormatan besar mengerjakan permintaan spesial dari raja. Sedangkan Wahid bersikap biasa menerima permintaan dari raja ini.

Dimulai lah proyek permintaan khusus dari raja ini. Dzaki merasa ini momen terbaik sebelum dia meninggalkan kerajaan, dia pun berusaha memberikan yang terbaik tuk mencapai hasil yang maksimal. Dia sungguh-sungguh membangun rumah itu. Meskipun dia tahu butuh waktu lebih dari 4 bulan tuk mengerjakannya, dia ikhlas untuk molor dari rencana-rencana yang telah ia persiapkan 4 bulan sebelumnya. Dengan hati-hati ia memancang pondasi rumah agar kokoh. Setahap demi setahap bata dipasang dengan menggunakan adukan semen terbaik. Dengan perlahan tapi pasti adonan cat memberikan warna yang tak bosan tuk dipandang.

Sedangkan Wahid merasa tidaklah cukup 4 bulan untuk membangun sebuah rumah yang baik. Dia takut rencana-rencana nanti pasca keluar dari kerajaan menjadi berantakan. Maka dia pun memulai membangun rumah dengan tidak memperhatikan kaidah pondasi yang benar. Toh, rumah ini nanti bukan rumah yang dia tempati juga. Rumah yang akan digunakan oleh rakyat kerajaan. Bata ala kadarnya digunakan tuk membuat dinding, tanpa memperhatikan adonan semen yang cukup. Dia berusaha dalam kurun waktu kurang dari 4 bulan rumah ini harus jadi, sehingga tidak mengganggu rencana yang ia telah siapkan jauh-jauh hari.

3,5 bulan berlalu….

Selesailah rumah yang dibangun oleh Wahid.

5 bulan berlalu….

Akhirnya selesai jualah rumah yang dibangun oleh Dzaki. Sang raja senang bukan kepalang karena mereka berdua telah menyelesaikan permintaannya. Sang raja ingin mengadakan launching rumah yang telah dibangun oleh kedua pemuda terbaik di kerajaan antah berantah tadi.

Tak lama berselang diadakanlah launching dengan mengundang kedua pemuda tadi serta rakyat kerajaan. Sang raja pun mengumumkan tujuan pembangunan kedua rumah tadi. Tujuan pembangunan rumah tadi tak lain untuk kedua pemuda tadi. Rumah yang dibuat oleh Dzaki akan menjadi miliknya, begitupun rumah yang dibuat oleh Wahid, akan menjadi miliknya. Persembahan dari raja kepada mereka karena telah berjasa besar selama ini kepada kerajaan.[]

 ========================================================================

Cerita diatas saya tulis ulang setelah terinspirasi dari kultum taraweh di Mesjid Al-Aqobah 1 Pusri. Jalan ceritanya tidak sama persis, namun pesan yang terkandung didalamnya insyaAllah sama persis. Semoga pesan yang ada dalam cerita pendek diatas dapat kita terjemahkan dengan bijak.

Spesial buat teman-teman seperjuangan… #kode #diary_CAN

Advertisements

6 thoughts on “Give The Best !

  1. Manusia yang Sempurna adalah Manusia yang tidak pernah mengeluh dan selalu bersyukur dengan apa yang di milikinya saat ini.

    Jangan takut mencoba, mungkin yang engkau lakukan akan berakhir dengan bahagia

    Jika engkau Makan Kacang, Janganlah lupa dengan kulitnya. jika engkau pernah berteduh di suatu pondok reot yang jelek, disaat badai datang. dan saat itu nyawa engkau terselamatkan. maka janganlah engkau melupakan pondok reot tersebut.

    semoga uda’ mendapatkan syafaat yang terbaik, semoga sukses. Allahuakbar

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s