2004_0809image0005.jpg

Ironi Teplikatif


Bicara tentang teoritis tidak semua orang mampu untuk memahaminya secara cepat. Hanya orang-orang tingkat kecerdasan menengah ke atas yang dengan cepat bisa menangkap maksud dan tujuannya. Dibutuhkan waktu dan proses dalam memahamkan sebuah teori. Biasanya orang-orang teoritis sangat lancar dalam berdialektika dan berwacana, sebab mereka telah mempunyai khazanah berpikir yang cakupannya luas. Tak heran banyak wakil-wakil kita di Senayan sana yang mudah dalam berdialektika. Sebab mayoritas mereka berada di tataran teoritis ulung negeri ini.

Mengejawantahkan dari teori ke aplikasi tidaklah mudah. Sebab butuh proses. Adapun proses situ relatif, bisa cepat bisa lama. Ada orang-orang yang gemar berkutat di daerah teoritis saklek sehingga pemahamannya luas namun tidak bermanfaat bagi orang lain. Mereka selalu mencari model yang menuju kesempurnaan tanpa mengakomodir realita yang ada di lapangan. Padahal realita yang ada bisa menjadi batu pijakan menuju model yang sempurna.

Bisa kita lihat pada kondisi kita, apakah dengan modal teoritis yang kita miliki sudah bisa mencapai model yang kita inginkan. Atau teori itu sendiri hanya tertampung di otak tanpa bisa kita ejawantahkan. Menjadi seorang teplikatif dibutuhkan ramuan produktifitas dan kesabaran. Dengan produktifitas kita bisa mengukur sejauh mana model yang telah kita produksi. Apakah telah sesuai dengan harapan atau tidak. Selanjutnya dengan kesabaran kita berproses, sebab proses situ relatif. Dibutuhkan tools tuk menjaga semangat dan gairah dalam proses tersebut agar keseimbangan tercipta. Banyak terkadang realita yang tidak kita inginkan menghampiri dan menjatuhkan. Disini dibutuhkan kesabaran dalam menghadapinya. Selalu berprasangka baik bisa menjadi pengawan kesabaran.

Menjadi tugas kita bersama tuk bisa mendayagunakan realita yang ada sehingga model yang ideal ‘katakanlah’ bisa kita lewati. Harapanya diri ini bisa lebih baik lagi tuk mengelola realita yang selalu muncul ke permukaan. Wallahu’alam.

6 thoughts on “Ironi Teplikatif

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s