malcolm_x_by_alexlartwork22-d5ft984

Malcolm X


Sebenarnya udah lama film Malcolm X (1992) ini memenuhi isi hardisk laptop, tapi baru semalam dan hari ini berkesempatan nontonnya. Durasi film yg hampir 4 jam membuatku tuk mencari waktu yang tepat untuk menontonnya. Lebih lama dari durasi film-film India kebanyakan. Film Veer Zaraa yang aku anggap sebagai film terlama, hampir 3jam-an lebih. Ternyata disalip durasinya sama Malcolm X. Itu pun nonton dengan 2 chapter waktu, semalam dan hari ini. Sebagai penganut simple-isme, menonton film dengan durasi yang lama pastilah membosankan. Serta kebingungan tuk mencari benang merah dari si film. Alhamdulillah Malcolm X is done.

Oiya, ternyata bornday si Malcolm X sama kayak bornday-nya si Fajar Aditya Emozha, amejingg !! Terus usia Malcolm X yang ternyata berhenti di umur 39 tahun. Sungguh usia emas seorang pahlawan. Kematianya pun diterjang gerombolan peluru. Mengingatkan ku pada sosok ustadz Hasan Al Banna.

Ekspektasi di awal nonton sungguh biasa saja, sebab kisah Malcolm X dimulai dari kisah masa kecil, ayah seorang aktivis pendeta negro. Terus beranjak remaja yang mana menganut pergaulan bebas, ciri khas Amerika-lah. Hingga akhirnya berujung di penjara. Disinilah dia menemukan jalan hidupnya. Sepertinya sudah menjadi jalannya para pahlawan, pernah merasakan dinginnya lantai penjara.

malcolm X

Ekspektasiku mulai berubah ketika Malcolm masuk Islam, sebab Islam yang diterimanya hanya sebatas mengangkat supremasi orang negro saat itu, ibarat  perjuangan Nelson Mandel di Afsel. Dia juga mempunyai murobbi, Elijah Muhammad namanya. Elijah adalah pendiri dan ketua Nation of Islam (NOI), sebuah organisasi tempat berkumpulnya orang-orang kulit hitam (negro) yang bernafaskan Islam. Nah, sosok Elijah ini mencerminkan sosok Rasulullah, sebab dia mengaku sebagai nabi utusan Allah di muka bumi. Menarik tuk ditonton, mungkin sekian sedikit mukaddimah film Malcolm X. Ceritanya sungguh mengharu biru.

Cocok ditonton buat yang katanya sebagai aktivis Islam kontemporer. Banyak kisah dan pesan yang bisa kita ambil dari film ini. Sosok Malcolm X sendiri diperankan oleh Denzel Washington. Seorang aktor negro yang telah sukses di Hollywood. Oiya, disini Denzel Wahington masih muda. Sekarang udah tua ;D

Selamat menonton🙂

Sedikit biografi singkat MALCOLM X >> http://id.wikipedia.org/wiki/Malcolm_X

2 thoughts on “Malcolm X

  1. “Oiya, ternyata bornday si Malcolm X sama kayak bornday-nya si Fajar Aditya Emozha, amejingg !!
    Terus usia Malcolm X yang ternyata berhenti di umur 39 tahun” kalimat kedua harusnya berteman bukan? :p
    Lama sekali filmnya -_-“

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s