Inferno [Dan Brown]


tempat tergelap di neraka

dicadangkan bagi mereka

yang tetap bersikap netral

di saat krisis moral

Hampir 6 hari tuk bisa menghabiskan novel setebal 639 halaman ini. Karya terbaru Dan Brown dengan Inferno-nya. Entah mengapa saat ini saya begitu keranjingan tuk membaca novel konspirasi. Sebelum memasuki dunia Inferno-nya Dan Brown, saya telah melahap Negeri Para Bedebah-nya Tere Liye. Padahal NPB itu udah setahun yang lalu nongol dimana-mana, tapi baru kemaren bisa membacanya.

Inferno - Dan Brown
Inferno – Dan Brown

Kembali ke Inferno-nya Dan Brown. Seperti novel-novel terdahulu, tokoh utama Inferno masih dijabat oleh Robert Langdon. Ahli simbol dari kampus ternama Paman Sam. Berawal dari mimpi aneh Langdon yang membuatnya terjaga di rumah sakit Florence, Itali. Padahal baru kemaren dia berjalan dari kantornya di Universitas Harvard. Bingung? Pasti, sebab entah gerangan apa dia sampai di Florence dengan luka di bagian kepala. Ditambah adegan pembunuh dokter yang merawatnya dan dia harus lari dari kejaran si pembunuh.

Masih dengan keahlianya di ranah per-simbol-an yang menuntutnya berfikir ekstra agar bisa mencerna mimpi-mimpi anehnya, dan semua kenyataan yang telah ada di hadapannya. Settingan tempat yang muncul membuat kita seperti memasuki lorong waktu menjelajah tempat-tempat terindah, dimulai dari Florence, Venesia dan berakhir di Istanbul. (jadi gak sabaran tuk bisa merasakan suasana tempat itu secepat mungkin). Deskripsi tempat yang mendetail membuat saya harus bisa memvisualisasikannya dengan benar, dan kadangkala berujung ke gugel images tuk sekedar menyamakan persepsi akan arsitektur tempatnya.

Terinspirasi dari karya epik Dante Alighieri tentang neraka. Kita dibawa menyelami karya sastra klasik penyair Eropa dahulu kala. Yang banyak dari mereka juga menentang teori kaum gereja vatikan, layaknya Galileo cs. Serta Map of Hell-nya Sandro Botticelli yang terinspirasi Dante. Semuanya complicated, setidaknya penamaan karya-karya dan latar tempat di Inferno ini asli dan real. Dan Brown berhasil membuat ilusi fiktif yang mengaitkan semuanya. Ditambah peranan WHO dan organisasi hidden yang mampu membuat rekayasa-rekayasa sosial, kesehatan, sejarah dll yang bisa dikatakan konspirasi. Salut.

Map of Hell - Sandro B
Map of Hell – Sandro B

Endingnya yang twist dan unpredictable. Dimana isu yang diangkat tentang dunia akhir zaman yang sudah mencapai titik nadirnya dengan kasus “over population”. Bagaimana kaum sains disini yang diwakilkan kepada WHO tuk bisa memberikan solusi konkrit namun ide yang mereka lontarkan terlalu normatif. Sehingga kaum saintis ektrim membuat jalan tersendiri tuk bisa mencari solusinya. Rekayasa genetika yang menjadi isu popular saat ini dirasa tepat menjadi ending novel. Membuka wawasan kita tuk memikirkannya dan terlibat secara tidak langsung. Recomended –lah !!! Selamat berpetualang.

Advertisements

6 thoughts on “Inferno [Dan Brown]

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s