Mudik


Mudik Lebaran kali ini banyak mendapat cerita, keluh kesah, masalah, hingga romantika percintaan. Ntah mengapa semuanya begitu berkesan. Mungkin benar jikalau perubahan kepribadian seseorang terbagi dalam beberapa fase kehidupan,
Fase-fase yang bisa mengubah cara berpikir kita semua mungkin cuma saya aja ya, yaitu fase pertama ketika kita masuk sekolah entah itu TK atau SD, mungkin lingkungan yang ramai dan bersosialisasi dengan teman seumuran membuat kita peka terhadap yang namanya interaksi sosial. Kita awalnya malu-malu tuk dtinggalkan orang tua kita di sekolahan, sehingga banyak orang tua yang jarang meninggalkan anaknya sendirian di sekolah. Anaknya gak mau lepas dari orang tua, selalu digandeng tuh nyokap kemanapun. Ada yang seperti itu dahulunyaa?? 🙂 Begitulah mungkin hingga ke tataran memasuki dunia remaja. Ada yang masih ngandalin orang tua dalam berbagai hal, entah itu mudah sebenrnya kita hadapi namun orang tua masih tetap menjadi andalan utama. Sehingga kepribadian tuk ketergantungan sama orang tua masih ajaaa.

Kedua, ketika masuk kuliah. Dunia kampus yang menjadi miniatur tuk belajar kehidupan yang sebenarnya. Bagi yang merantau apalagi, beban hidup sendirian mulai diasah. Perkuliahan yang tidak hanya di kelas, namun di luar kelas. Waktu di kelas yg hanya secuil dibandingkan waktu di luar kelas, hingga merugilah orang-orang yang hanya berkutat di kelas mulu. Lalu bagaimana ideologi memasuki pikiran mahasiswa, berseliweran di dalam kepala. Mana yang kira2 mau kita ikuti, atau bertindak acuh tak acuh terhadap semua itu sehingga apatisme merajalela. Kepribadian yang mau belajar dari lingkungan heterogen akibat banyaknya pikiran2 nyeleneh yang beranak pinak dikampus. Dan itu semua kan menjadi modal bagi seorang mahasiswa kelak ketika dia telah keluar dari kampus.

Ketiga, ini yang mungkin lagi….

(bersambung…)

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s