Mudahnya Membuat Website Sendiri


Era digital hari ini mengharuskan semua orang berhubungan dengan internet, tanpa ada terkecuali. Laju pertumbuhan semua sektor kehidupan ditopang oleh sistem yang dijalankan secara online. Mau tak mau, suka tak suka kita harus bisa menjadi pengguna internet yang baik dan bijak, jangan sampai kita diperbudak oleh sistem internet. Berdasarkan survey salah satu asosiasi, pengguna internet di Indonesia di bulan Juli 2015 mencapai 88 juta, hampir 1/3 jumlah populasi Indonesia. Diprediksi di tahun 2018, pengguna internet di Indonesia mencapai 200 juta, hampir sama dengan populasi rakyat Indonesia. Disini bisa kita lihat pertumbuhan yang sangat signifikan untuk pengguna internet di Indonesia. Hal semacam ini bisa menjadi ancaman dan peluang, tergantung bagaimana kita memanfaatkannya sejak hari ini. Banyak orang – orang yang tidak ada basic pengetahuan mengenai internet sama sekali, bisa memanfaatkannya menjadi rupiah, begitupun sebaliknya.

Kalau kita lihat profil pengguna internet Indonesia di tahun 2016 ini, mayoritas mereka mengakses internet untuk tujuan mengupdate berita dan informasi, melakukan jual beli online dan bersosial media untuk menyambung tali silaturahim dengan teman – teman. Peluang seperti ini harusnya bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin. Makanya tak heran, beberapa hari yang lalu ada senior ( kakak tingkat di kampus ) yang menghubungi saya sekedar untuk bertanya dan belajar bagaimana membuat website sendiri. Padahal beliau jurusan Teknik Kimia yang notabene pekerjaannya gak ada hubungannya dengan website dan internet. Namun, ketika ditanya, “buat apa kakak belajar buat website sendiri?”, beliau jawab untuk menambah pengetahuan dan upgrade diri, serta kalau bisa punya website pribadi. Bahkan beliau sudah beli beberapa buku tentang internet dan website namun masih belum mengerti karena pembahasan di buku yang agak ribet. “Lebih enak belajar dengan yang sudah pernah buat website”, ujar beliau. Sebegitu ingin taunya orang awam untuk tahu bagaimana cara membuat website sendiri.

Lalu saya kasih penjelasan semudah mungkin untuk bisa di mengerti oleh beliau, serta dengan analogi – analogi yang gampang untuk dipahami. Seperti apa itu domain? Domain itu alamat web yang akan kita tuju, misal nama senior saya itu Fauzan, lalu beliau ingin membuat website dengan namanya sendiri, jadi bisa nantinya fauzan.com, fauzan.net, fauzan.id, fauzan.co dan alamat web lainnya. Lalu apa itu hosting? Hosting ibarat tempat kita menaruhkan konten – konten web kita, seperti fungsi hardisk di komputer. Bedanya, hosting berada di server atau komputer orang lain, yang mana akan kita sewa per satuan waktu ( mayoritas sewa tahunan ). Jadi kita butuh berapa space yang akan kita sewa, beragam pilihan space hosting, mulai dari 100 MB, 300 MB, 1 GB bahkan unlimited space, tergantung konten apa yang akan kita masukan ke hosting. File video dan gambar resolusi tinggi biasanya mempunyai size file yang besar dan akan menguras space dari hosting kita.

Tak lupa juga saya kasih rekomendasi website untuk belajar membuat website sendiri, salah satunya di Domainesia. Karena hampir 3 tahun saya menjadi member disana dan pelayanan yang diberikan cukup baik. Makanya tak ragu saya rekomendasikan kepada senior saya tadi. Apalagi sekarang telah hadir fitur Instant Deploy di Domainesia, dimana hanya dengan sekali klik saja kita sudah bisa membuat website dengan mudah. Bahkan untuk kita yang tidak mengerti bahasa pemrograman computer sama sekali serta gak pengen ribet buat website dari nol, akan sangat terbantu sekali dengan adanya fitur Instant Deploy Domainesia. Senior saya tersebut sangat antusias dengan penjelasan saya itu, dan berharap bisa merealisasikan segera untuk membuat website. Semoga sukses kak.

Advertisements

3 thoughts on “Mudahnya Membuat Website Sendiri

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s