sharing Dokumentasi dikit be


kenapa masih banyak orang yg menganggap remeh sebuah dokumentasi? padahal itu sebuah keniscayaan lho #dokment

bayangkan jikalau pada zaman sahabat tak terbersit niat tuk mendokumentasikan Quran, apakah saat ini kita masih bisa menikmatinya? #dokment

Dokumentasi dalam KBBI didefinisikan sebagai sesuatu yg tertulis, tercetak/ terekam yg dapat dipakai sebagai bukti/ keterangan #dokment

banyak jejak-jejak sejarah tak terdokumentasikan dg baik, sehingga itu kan menjadi celah pembelokan sejarah, membungkam kisah nyata #dokment

cerita yg seharusnya begini, lama kelamaan menjadi begono | A bisa saja menjadi B beberapa waktu kemudian #dokment

tidak hanya nilai2 sejarah, buah pemikiran manusia layaknya juga didokumentasikan | itu bisa menjadi warisan tak terhingga #dokment

bisa kita lihat contohnya Muhammad SAW, jikalau tidak ada bunda Aisyah, Abu Darda, Bukhari atw para sahabat yg lainnya yg…#dokment

…yg mendokumentasikannya, kita mungkin gak bakal tahu Sunnah Rasul itu seperti apa? bisa saja kita berbuat sesukanya #dokment

atau jikalau tidak ada Sayuti Melik, kita mungkin gak tau isi naskah proklamasi kemerdekaan bangsa ini #dokment

buah pemikiran yg terdokumentasikan dg baik kan bisa melewati lintas generasi | pewarisan ide, gagasan, rencana besar, dll #dokment

contohnya saat ini pemikiran ust. Hasan al Banna | ide-ide cemerlang beliau mengenai Islam kontemporer tetap menjalar hingga skrg #dokment

beliau mampu mendokumentasikan ide-idenya dg sangat baik, hingga kaum muslimin saat ini bisa membaca & mengaplikasikannya #dokment

kita bisa lihat hasilnya seperti di Turki, Mesir, dan sebagian timur tengah lainnya | pewarisan ide ust.Hasan alBanna menggelegar #dokment

contoh lainnya sprt Buya Hamka, beliau rajin nulis; rajin mendokumentasikan pemikiran2nya, telah banyak karya2 beliau menjadi rujukan #dokment

meskipun adanya pro/kontra mengenai pemikiran seseorang, itu lebih baik didokumentasikan; bisa menjadi bahan diskusi masa depan #dokment

banyak orang2 besar yg mana kita tidak mengenal mereka, karena tidak adanya dokumentasi ttg mereka | padahal itu penting #dokment

bukan karena mereka tak ingin dikenal, tapi pemikiran2 mereka harus dikenal supaya menjadi pembelajaran generasi selanjutnya #dokment

itu mengenai dokumentasi masa lalu, saat ini kitalah pelaku sejarah | apakah kita bisa mewarisi sesuatu tuk masa depan #dokment

anyak media2 dokumentasi yg bisa mewariskan pemikiran2 kita tuk masa depan | salah satunya sosmed seperti saat ini #dokment

bisa fb, twit, blog dll | tapi saya lebih sepakat dg media blog | punya nilai plus sendiri disana dibanding fb dan twit #dokment

di blog kita bisa merangkum semua ide2 dalam bentuk tulisan, lain halnya dg tw yg cuma bisa kultwit | sebundel ide dalam tulisan #dokment

bisa juga seh merangkum ide dalam bentuk buku, tapi agak lama prosesnya (cetak+publikasi) | via media online cepat dan efisien #dokment

kalo pengen murah dan non-profit ya via blog aje | simpel dan praktis, apalagi buat mahasiswa dalam mendokumentasikan sesuatu #dokment

selanjutnya dokumentasi sbg memory masa depan | khususnya visualisasi, bisa menjadi album kenangan #dokment

setiap moment jarang2 terulang kembali, perlu didokumentasikan sebaik mungkin, bisa menyimpan sebuah cerita disana #dokment

cerita yg mungkin hanya bisa bersuara via gambar atau video | memanfaatkan momentum sejarah #dokment

bahkan dokumentasi juga merupakan hal yg fundamental dalam pembuatan software | menjadi salah satu syarat software yg baik #dokment

bahkan dalam sidang s***psi pun terkadang dosen nanya dokumentasi asal usul penelitian kita, yg ada di halaman paling belakang lho #dokment

bahkan kesalahan dokumentasi seperti daftar pustaka sangat fatal, teman sy kemaren hampir aja ngulang lagi 🙂 hehe #dokment

mungkin itu sedikit dokumentasi versi saya, jikalau ada yg kurang atau salah mohon ingati saya 😀 | bisa juga diskustwit kita lho *.*

Merubah Mindset


Kultwit “Merubah Mindset Frame Dakwah” by Nugroho Adinegoro | @kang_nugo

 

  1. Terkadang merubah frame perjuangan dawah itu membenturkan garis haroki dgn garis ukhuwah islamiyah yg hrsnya tertali.. #frame

 

  1. Apakah ada sebuah negara yg telah menerapkan sistem ekonomi, peradilan, politik yg sdh mencapai tingkat yg meyakinkan?

 

  1. Apakah pengagungan sistem kita baik politik, ekonomi Islam, dll sdh mencapai tgkt yg menjanjikan saat ini?

 

  1. Pertanyaan sederhana memang. Tetepi itulah “lubang besar” yang menganga ketika kita mengkomunikasikan Islam pd masyarakat.

 

  1. Kita menjelaskan keunggulan ideologi, konsep khilafah, dari starting point yg abstrak, smntara masy.mngharapkan contoh aplikasi yg nyata.

 

  1. Kita bangga akan keunggulan di dunia maya spiritual, masyarakat justru terpesona kepada yg unggul didunia empiris.

 

  1. Sadarkah, kita ketika kita menjelaskan kehebatan Islam dimasa lalu, masyarakat menyaksikan keterpurukan kita saat ini.

 

  1. Ketika kita berupaya menjelaskan kebenaran Islam, masyarakat justru menantikan kehebatan kaum Muslimin dlm berperan.

 

  1. Sementara kita menjelaskan teori, mereka kompetitor kita memahami teori lebih baik melalui contoh kasus.

 

  1. Mari pahami cermin realitas, kebanyakan org belajar scara visual, tp kita penggerak dakwah berkomunikasi secara abstrak ttg Islam.

 

  1. Itu hanya cth sederhana, tapi menjelaskan mengapa gerakan dakwah belum mampu membus pusaran logika massa,penetrasi jaringan pemikiran, sospol..

 

  1. Sudah seharusnya gerakan dakwah mampu mengubah, memobilisasi dan mengendalikan massa.

 

  1. Ditingkat opini publik, Islam dan gerakan dakwah dgn mudah diisolasi tanpa pembelaan spontanitas dr masyarakat.

 

  1. Masyarakat jg sptnya saat ini blm begitu percaya dgn kemampuan gerakan dakwah beserta para pemimpinnya mengelola negara.

 

  1. Potensi2 keunggulan kader islam memimpin negeri tak diragukan, banyak kader Islam yg unggul dan mampu mengelola system. tapi msh sgt kecil.

 

  1. Scara kseluruhan, Islam & gerakan dakwah belum memegang peranan kunci dlm pembentukan kesadaran publik. perlu kerja extra.

 

  1. Padahal pembentukan kesadaran publik trhdp Islam adlh kondisi pendahuluan yg mutlak dlm perjalanan menuju kekuasaan.

 

  1. Rendahnya tgkt penerimaan publik dan kapasitas serta citra kita, sbenarnya adalah realitas yg berakar pd cara kita berpikir.

 

  1. Pikiran adalah cermin besar yang memantulkan potret realitas kita secara apa adanya.

 

  1. Pikiran adlh ruang kemungkinan (space of possibility) dan realitas adlh ruang tindakan yg telah jd nyata (space of action).

 

  1. Seluruh realitas kita hanya bergerak pada ruang kemungkinan itu. Makin bsr ruang kemungkinannuya, makin besar ruang realitasnya

 

  1. Maka, realitas kita hari ini, sesungguhnya merupakan buah dari benih pikiran kita yang telah kita tanam bertahun2 yang lalu.

 

  1. Mencermati konflik dgn penguasa yg mewarnai gerakan dakwah, realitas berakar dr kumpulan persepsi harokah ttg penguasa sbg kumpulan thagut.

 

  1. Begitu persepsi ‘thagut’ ini menguasai pikiran harokah, sense of war lgsg menyalakan alarm perang ketika berhadapan dgn penguasa.

 

  1. Misalnya lagi, fenomena ekslusifnya aktifis dakwah. Fenomena ini berakar dr persepsi bhwa masyarakat kita hidup dlm kubangan jahiliyah modern.

 

  1. Begitu seseorang melekatkan diri sbg aktivis dakwah, sgera saja ia merasakan superioritas spiritual & moral, & menemukan tembok pemisah.

 

  1. Keterbatasan dana juga bagian dari ironi besar yang membatasi ruang gerak dakwah kita.

 

  1. Pikiran kita selalu terfokus pd bgmn menyiasati keterbatasn dana, bukan bgmn menciptakan kelimpahan.

 

  1. Jika #frame keterbatasan slalu menghiasi kehidupan dakwah kita, maka selamanya keterbatasan akan menjadi realitas kita.

 

  1. Maka kita perlu sepakat, bahwa tindakan kita muncul sbg buah dari benih2 pikiran kita.

 

  1. Jadi pikiran adlh pusat kekuatan yang mengendalikan tindakan2 dan menciptakan realitas2 kita. Dakwah jg begitu.

 

  1. Sudah saatnya gerakan dakwah memikirkan kembali caranya berpikir, memikirkan kembali apa yg slama ini dipikirkan.

 

  1. Generasi pertama pemikir dakwah spt Hasan Al Banna, Sayyid Qutb memfokuskan pd pembangunan ideologi..

 

  1. Generasi kedua spt Syeikh Yusuf Qardhawian Fathi Yakan dll memfokuskan perhatian membangun kerangka pemikiran pergerakan.

 

  1. Ketika gerakan dakwah masuk di era keterbukaan, bermain di domain publik, persoalan terbesar adalah sumber daya.

 

  1. Ini persoalan yang dihadapi hampir diseluruh gerakan Islam di dunia. Yang perlahan menunjukkan diri dr eksistensi pembelajaran.

 

  1. Dgn menggunakan cermin realitas, persoalan sumberdaya muncul krn pusat perhatian kita belum bergeser ke tema bsr generasi ke1 ke gnerasi ke-2.

 

  1. Kita mungkin masih fokus bicara ideologi, blm sumberdaya. Kita msh bcara sistem pemerintahan Islam, Khilafah, dsb. Tp tak bicara kompetensi umat.

 

  1. Kita bicara sistem Islam is solution, belum bicara agenda aksi penyelesaian persoalan bangsa.

 

  1. Kita masih bicara kegagalan musuh dan belum bicara kesuksesan2 kita secara keseluruhan.

 

  1. Dakwah Kita masih bicara ghawzul fikri dan belum bicara strategi kebudayaan.

 

  1. Dakwah kita masih bicara konspirasi asing dan belum memikirkan sistem pertahanan dakwah.

 

  1. Kita masih bicara ikhtilaf belum bicara management organisasi yang kokoh.

 

  1. Dakwah kita masih bicara kterbatasan dana, belum bicara cara menciptakan kelimpahan dana.

 

  1. Dan dakwah kita masih bicara apa yg kita inginkan dan belum bicara sumber daya yang diperlukan dlm mencapainya.

 

  1. Selama pusat perhatian kita belum bergeser ke masalah penciptaan sumberdaya berkualitas, maka slama itu dakwah akan mengalami kemunduran.

 

  1. Ini hanya konsekuensi antara ketidakseimbangan, beban dan daya pikul. tampak tua & lelah, tertatih2 memikul beban obsesi khilafah yg terasa jauh.

 

  1. Kita patut bersyukur para pendiri ideologi dakwah telah meletakkan ideologi yang kokoh bagi umat.

 

  1. Mereka telah merampungkan tugas mereka dgn sempurna sbg batu tapal kokoh kebangkitan umat.

 

  1. Para pemikir pergerakan, juga telah membangun kerangka pemikiran gerakan bg pertumbuhan gerakan dakwah menuju kematangan.

 

  1. Generasi ke dua spt Yusuf Qardhawi, Fathi Yakan jg telah menjalankan tugas dgn sempurna membangun kerangka pemikiran dan pertumbuhan.

 

  1. Nah, skrg tugas kita sbg generasi ketiga dakwah untuk membawa bendera, menunaikan tugas sejarah mereka. Generasi pencipta sumber daya.

 

  1. Biarlah ditangan kita kebenaran menjadi nyata, dibumi Allah kita menyatu dengan kekuatan membangun Islam.

 

  1. Sekian sarapan kultuit pagi ni. Mudah2n ghirah dakwah semakin memuncak, memberi harapan & masa depan cerah bagi umat khususnya Indonesia 🙂

 

Ketika muda #WifiQoe


dimulai dengan Basmallah..

kisahku bersama @WIFI_Unsri | tak terasa itu teman2 seperjuanganku | mulai dari disambut hingga membuat aku seperti sekarang ini #WifiQoe

dahulunya aq pikir @WIFI_Unsri ini apa? sebab nama yg asing bagiku ketika masih newcomer di Fasilkom | ternyata ini barak peradaban #WifiQoe

awal langkahku bersama @WIFI_Unsri dimulai ketika LDO atau disebut BIOS (basic training organisation) *ada EYD yg salah lho 🙂 #WifiQoe

waktu itu BIOSnya @WIFI_Unsri bertemakan “membangun keshalehan generasi informatika” | kerennn! | pasti ramai kupikir yang kan ikut #WifiQoe

ternyata yang ikut luar biasa | yg cowok cuma 2org | yg cewek gak kehitung | berkesan sekali saat itu BIOSnya @WIFI_Unsri 2008 #WifiQoe

alumni BIOS saat itu -> Joko, @fentiii@yuanitapadi, siapa lagi yaa? kelupaan karena saking luar biasanya | kebanyakan panitianya #WifiQoe

panitia BIOS @WIFI_Unsri saat itu luar biasa -> @ryanprimananto @Fhaiez @asmoeni_haris @pratama_pulpen @rizkiRomodhon @_rahmadsyah_ #WifiQoe

ada juga mas @dayat_indah dan pastinya ketua @WIFI_Unsri saat itu -> @fandagri | mantap semuanya! #WifiQoe

mulai saat itu diriku terjun bebas di jalan penuh nikmatnya Islam ini | mulai belajar sedikit demi sedikit | ukhuwah yang tercipta #WifiQoe

di @WIFI_Unsri yang notabene Rohisnya @fasilkomunsri, tidaklah berisi kumpulan ustad | penuh anak muda yang ingin berbenah diri #WifiQoe

pasca BIOS @WIFI_Unsri tadi aku sadar | yg ikut organisasi ternyata hanya segelintir orang saja | yg aktif bahkan lebih sedikit 🙂 #WifiQoe

awalnya aku masih kikuk ketika di @WIFI_Unsri | sebab pengurus lain lebih tua dibandingkan aku | yg seangkatan? hanya segelintir #WifiQoe

itu juga menjadi modal pendewasaan pola pikirku saat itu | berteman dengan senior handal di @WIFI_Unsri | pinter-pinter pulo #WifiQoe

orang yg berfikir bahwa pengurus @WIFI_Unsri adalah ustad semua, salah besar | kami anak muda yang lagi semangat mencari jati diri #WifiQoe

terlahir sbg Islam kadangkala membuat kita terlena | sebab Islam kita hanya warisan dari orang tua | kita harus cari tahu sendiri #WifiQoe

salah satu tempat tuk cari tahu yaaa via @WIFI_Unsri tadi | ternyata disana tidak hanya bidang agama semata yang dibahas #WifiQoe

Islam sbg Rahmatan Lil ‘Alamin tidak terbatas di ibadah saja | namun lebih kompleks | pergaulan,sains,sosial masyarakat,politik,dll #WifiQoe

menjadi anak muda Islami yang berwawasan global tapi berspesialisasi di suatu bidang | itu menjadi titik fokus di @WIFI_Unsri #WifiQoe

kita di @WIFI_Unsri ingin menjadi pemuda/i yg dirindukan surga | hidup ini singkat jikalau kita tidak menikmatinya | mari berusaha! #WifiQoe

motivasi ikut @WIFI_Unsri ? simple kok, cek QS.Muhammad:7 | barangsiapa yg menolong agama Allah (Islam), maka Allah akan…(cont) #WifiQoe

…maka Allah akan menolongnya dan meneguhkan kedudukanya | keren kan? nolong agama ini salah satunya lewat @WIFI_Unsri ini lah sob #WifiQ

memang banyak media/alat tuk menolong agama Allah ini | tapi saat ini yg konkrit tuk di kampus ya via @WIFI_Unsri kalo di Fasilkom #WifiQoe

jikalau akhirat dikejar | insyaAllah dunia pun kan mudah tuk dilalui/dilewati 🙂 #WifiQoe

di @WIFI_Unsri juga mengajarkanku tuk menjadi seorang pemimpin | sudah kewajiban sebagai LELAKI tuk belajar memimpin sejak dini #WifiQoe

menjadi pemimpin itu susah-susah gampang | apalagi pemimpin yg sesuai dg cara Islami tapi di @WIFI_Unsri kami diajarkan seperti itu #WifiQoe

bagiku lebih baik banyak salah sekarang di kampus daripada nantinya di pasca kampus | why? kita bisa belajar dari kesalahan kita #WifiQoe

sbg mahasiswa kita punya fungsi : Cadangan Masa Depan | tuk menjadi pemimpin bangsa ini kelak | mulai dari skrg bagaimana memimpin #WifiQoe

sudah lumrah kalo selama di @WIFI_Unsri terkadang bekerja dgn sedikit orang | lebih mudah tuk mengontrolnya | lagi lagi belajar !! #WifiQoe

bersama @WIFI_Unsri diriku juga bisa menambah jaringan/relasi baik nambah teman, dosen, bahkan tokoh kampus daerah maupun nasional #WifiQoe

relasi/jaringan itu penting sob | selain menguatkan tali-tali silaturahim | juga berguna nantinya ketika pasca kampus #WifiQoe

memanajemen orang-orang | mengenal berbagai watak | ada yg keras, ada yg lunak, bahkan fleksibel | aku merasakanya di @WIFI_Unsri #WifiQoe

ada yg nyebuti | jangan sok alim deh elu masuk @WIFI_Unsri | perilaku masih jahiliyah | tapi nyuruh kebaikan | ntar jadi munafik lo #WifiQoe

tak masalah dikatakan seperti itu | asalkan niat kita di @WIFI_Unsri selalu diperbaharui tiap waktu | biarlah Allah yg mengetahui #WifiQoe

tuk mempertahankan niat itu diriku menyibukkan dgn kegiatan di @WIFI_Unsri, berkumpul bersama pemuda2 yg ingin perubahan lebih baik #WifiQoe

dulu & sekarng aku sering berkumpul dgn pemuda2 seperti ini –> @alipDPratama18 @yoeandha @bramantyo18 @ekoalfans @reekeysatria dll #WifiQoe

di @WIFI_Unsri jg menguatkan ukhuwah/persaudaraan kita sebagai seorang muslim/ah | innamal mukminu na ikhwah | sakit-senang bersama #WifiQoe

menjadi seorang muslim harus bisa Memimpin dan Dipimpin layaknya Khalid bin Walid | di @WIFI_Unsri kita mengaplikasikan itu semua #WifiQoe

semua pengurus @WIFI_Unsri di persiapkan tuk bisa Memimpin dan Dipimpin | samikna wa atokna #WifiQoe

jadi tak masalah siapa yg akan menjadi pemimpin/leader di @WIFI_Unsri ke depannya nanti | semua harus siap | harus jadi superTEAM #WifiQoe

beberapa orang yg handal dan tangguh ketika bersama diriku di @WIFI_Unsri -> @Radit_Kusuma @d_restami @salmi_989 @shisy_chayoo @muthik_chan

di @WIFI_Unsri jg mengajarkan bagaimana organisasi dikelola dg baik | seorang leader harus bisa menjadi contoh teladan bagi stafnya #WifiQoe

kebaikan yg tidak diorganisir dg baik akan mudah dikalahkan dg keburukan yg diorganisir dg baik (AliBinAbiThalib) cc: @WIFI_Unsri #WifiQoe

banyak hal-hal pahit nan manis yg tidak bisa disebutkan semuanya disini | ikuti dan rasakan pengalaman berbeda di @WIFI_Unsri #WifiQoe

ini mungkin sekelumit my experience di @WIFI_Unsri, semoga bisa bermakna dan ada pelajaranya | semoga bisa berbagi #WifiQoe di lain waktu 😀

Kultwit ttg Sukses #milam


ditemani siarang langsung pertandingan @SemenPadangfc di tipi, semoga bermanfaat. kasih kode #milam (minggu malam)

teringat ucapan seorang sahabat yg bertanya mengenai kesuksesan salah satu pengarang buku motivasi kesuksesan asal kampus saya #milam

dia bertanya,”emg kakak itu udah sukses yaa? kok berani buat buku ttg sukses. Aku lihat dia masih nganggur bae”,saya hanya tersenyum mbacany

sukses. ya itulah parameter keberhasilan dalam hidup ini, baik hidup di dunia maupun di akhirat kelak, sepakat kan?? #milam

saya sering mengucapkan ini buat teman2 yg lagi ulang tahun, “moga sukses bro!!!”, mereka pasti akan menjawab “aamiin” 😀 #milam

sukses menurut saya bukanlah sebuah hasil final, melainkan sebuah proses2 berkelanjutan yg tanpa henti, bisa dikatakan tak hingga #milam

ketika saya baca sms itu, saya menyimpulkan bahwa teman saya itu memandang sukses terlalu kerdil, terlalu menjadikannya patokan akhir #milam

saya akan analogikan, ketika kita sudah kaya, sudah mapan, apakah itu bisa dikatakan sukses?? enggak kan. sukses tidak bisa dihitung #milam

sebab sukses itu merupakan proses2 yg akan terus berkaitan dg segala hal, tidak hanya materi belaka, terlalu kecil sangat itu #milam

banyak orang kaya, banyak orang mapan, tapi apakah mereka nyaman dg itu semua? mereka akan mati2an mempertahankan harta mereka #milam

sukses bagi saya ketika kita bisa nyaman, bisa bahagia dengan apa yg didapatkan, gak usah muluk2 deh #milam

banyak orang stres gara “kesuksesan semu” yg mereka kejar2, gak dapat ini, gak dapat itu, buat mumet dan pusing deh, kasihan bukan? #milam

skor akhir 3-1 buat tuan rumah, Semen Padang masih terlalu tangguh bagi Semen Bosowa, #ups #milam #intermezzo dikit yaaa

kadar sukses selanjutnya yaitu bermanfaat bagi sekitar kita, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, maupun makhluk2 lainnya,hehe #milam

bukankah Qudwah kita telah berpesan,”sebaik2 manusia yg paling bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya”. itu pesan Rasul lho 🙂 #milam

ketika kita mampu mengukir senyum2 terindah di sekitar kita disebabkan kita ada disana, itu tandanya kita udah sukses #milam

atau jangan2 kehadiran kita membuat jengkel orang2 sekitar, ayoo evaluasi diri. berbahaya kalo terus dibiarkan ini #milam

gak ribet kan, cukup dg membuatkan senyuman di wajah saudara2 kita, kita udah sukses. sukses menjadi orang yg bermanfaat #milam

sukses yaitu ketika orang lain senang terhadap kita, maka InsyaAllah Allah akan senang juga sama kita, keren gak?? #milam

terus yg terakhir ne, nikmati hidup. Hidup ini cuman sekali tweps,jangan sia-siakan. ntar nyesal lho kalo udah di kuburan #milam

kita gak bisa balek lagi ke dunia yg fana ini, kita akan mulai diinterogasi oleh pihak2 berwajibnya Allah, ditanya sana sini. #milam

sukses menikmati hidup kalo saya bilang, rugi bagi yg pontang panting sana sini, tapi dia gak bisa menikmatinya, kaciaan dehh 🙂 #milam

orang2 berburu sana sini, tuk beli mobil bagus, beli rumah bagus, beli gadget baru tapi gak pernah dinikmati, sayang kaann… #milam

malah yg menikmati itu semua bisa jadi pembantunya, contohnya sopir bisa kemana2 ketika si bos sibuk terus, dia hanya tau dijemput #milam

contohnya lagi si pembantu yg menikmati fasilitas rumah besar & mewah bosnya ketika si bos hanya bisa dirumah ketika pagi dan malam #milam

malah enak mungkin jadi pembantu itu, bisa menikmati memakai barang2 mewah tanpa harus membelinya, upss #kidding #milam

mungkin sekian dulu ya mengenai sukses itu, mungkin sahabat tweps ada pemikiran2 yg lebih luwes lagi, yg gak kerdil.silahkan dishare #milam

mari kira berpikir sukses dg Open Mind, dg Out the Box..maka kita gak bakalan stres dalam menjalani hidup ini #righttt #milam

buat teman saya tadi, semoga dia bisa sukses dengan tidak mengandalkan materi belaka, sukses dunia dan akhirat #milam

sharing ttg #Kul_IF dikit deh… :)


pengen sharing tentang kuliah ane gan, yaitu #TeknikInformatika, ada yg nyimak gak yaaa??

oke deh..gw mulai sharing tentang kuliah ane, gw singkat dg #Kul_IF aja yaakkkk..are you ready….tapi ini pengalaman gw, banyak sedihnya…

baik deh….mulai dari mana yaa?? gw acak aja yaaa?? gak usah urutan dari awal masuk ampe mau jadi S.Kom sekarang #Kul_IF

baik..mungkin waktu gw SMA, yg jadi favorit gw, mau kuliah kemana yaitu berhubungan dg IT, dg teknologi lah..gak tau jurusan apa itu #Kul_IF

langsung masuk ke kuliah aje yee…gw amnesia kalo mikir lagi SMA, banyak sweet memories nya….hihihihi…. #Kul_IF

pertama gw pikir Teknik Informatika tu jurusan di Fakultas Teknik, cz namanya aja udah pake Teknik…iya gak?? #Kul_IF

eh..pas masuk @unsri_ ternyata Teknik Informatika buat kerajaan sendiri, dg nama Fak. Ilmu Komputer, mantaplah gw pikir…#Kul_IF

masuk sini gw pikir Teknik Informatika itu keren banget dah belajarnya, serba komputerisasi gitu…maklum wong deso… #Kul_IF

mgkn ane tmsuk salah satu korban #Kul_IF , gimana gak cobaaa…dari 26 teman sekelas, yg brthan cuma 21 orang…5 orang beruntung kabur…:D

gimana enggak…tiap hari kita disuruh berlogika terussss, dari logika menjalar ke ngoding, yg gak kuat otaknya bisa pecah mungkin…#Kul_IF

mmg dri awal kuliah ditekankan harus punya mindset sprt otak komputer, yg harus berpikir secara logis..gak ada yg namanya perasaan #Kul_IF

ada seh beberapa dosen yg baik hati ,tdak hanya logika tapi juga ngoding langsung…ajib nian rasanya…#Kul_IF

bahkan mulai tahun ini kabarnya udah dijejali tugas2 yg WOW buat maba-nya…gak kepikiran kalo itu terjadi ama kami #Kul_IF

semua yg gw hadapi pas tahun pertama itu bagaikan “beban yg sesuatu banget”, mungkin karena gw juga belum dapat “feelnya” di #Kul_IF ini…

jadi wajarlah kalo tahun pertama #Kul_IF itu bagaikan setengah neraka bagi maba, itu tandanya masih normal sbg manusia #ngelesDikit

nah..sekarang saatnya kita cari solusinya, masalah tercipta barengan ama solusi lho #RIGHT ?? #Kul_IF

ingat gak QS.13:11 ?? ayo siapa yg tahu?? 🙂

Allah SWT gak merubah keadaan suatu kaum jikalau mereka sendiri tidak mau merubahnya, masih inget kan?? itu kata Allah SWT lho… #Kul_IF

nah,kalo emg #Kul_IF seperti yg gw alami tadi, kitanya yg harus mengubah pola belajar kita,minimal mengetahui celah2 agar kita bisa bertahan

ada kata2 mutiara lho: mhs yunior selalu memahami makul yg baru didapat, sedang mhs senior memahami dosen yg akan ngajari mereka…#Kul_IF

kalo dipikir2 benar juga lho kata mutiara itu…sekedar “penghibur” buat mahasiswa “cerdas” kayak kita2 ini jadilah…hehe #Kul_IF

kalo kita ikuti alur buat terus menerus belajar logika, bisa hampa ini #hati lho..gak diisi dengan yg namanya perasaan… #Kul_IF

oleh karena itu coba lah istirahat sejenak ketika ngoding, sapalah teman2 sekitarmu…kalo lagi online..ajak chat siapa aja kek… #Kul_IF

oiya kelupaan, bukti #Kul_IF gak ada perasaan, terkadang dosen ngasih nilai pake logika aje…maksudnya apa?? tanya anak Ilkom aje lah..hehe

alangkah baiknya kita seimbangkan,logika : perasaan,kalo ane seh caranya dg ikut organisasi…disana kita mendapatkan selain logika #Kul_IF

dg organisasi sejenak lupakan ngoding & logika, mari refresh otak disini, cara ampuh ini!!! tapi bagi gw, gak tau mempan di teman2 #Kul_IF

serius gw…kalo teman2 melulu mikirin logika & ngoding, bisa karatan tu otak mungkin yee….perlu diasah dg cara lain juga #Kul_IF

ngoding n logikanya perlu istirahat juga, kadangkala waktu buat istirahat itu disalah arahkan, bnyak hal gak berguna yg dilakuin #Kul_IF

nah,waktu istirahat itu isi dg hal positif, kalo berorganisasi pasti positif, gak ada negatifnya,keculi niat kita memang udah salah #Kul_IF

pokoknya selalu sibukkanlah agenda kita dengan hal2 positif, maka hal2 negatif akan menjauh #Kul_IF , udah lari kemana ne bahasan?? 🙂

itu mgkn salah satu tip dari gw, cari kesibukan lain selain ngoding,kalo bisa bermanfaat bwt kita & juga orang lain, jgn yg asal2an #Kul_IF

selanjutnya apa yaa?? mikir dulu nee….#bukaCatatanLama #bongkarIsiTas #searchAtLaptop hihihi…. 🙂 mari refresh dulu sejenak… #Kul_IF

selanjutnya, kira2 siapa yg menyesal udah terjerumus dalam #Kul_IF ini?? ayo nunjuk tangan… 🙂

jgn pernah menyesal apa yg telah kita lakukan, hidup bukan untuk sekarang aje, masih ada butiran waktu yg menunggumu didepan untuk dijabah..

kalo kita udah menyesal masuk #Kul_IF ini, pasti kuliah ini 5L…yakin deh…bawaan kuliah gak semangat,apalagi ketemu dosen “tercinta”,ajib

mari kita ubah mindset kita, harusnya kita bahagia masuk #Kul_IF ini, sebab kita mengalahkan beribu2 teman diluar sana yg pengen masuk sini

yakinkan diri kita bahwa kita ditakdirkan menjadi pelopor kemajuan teknologi di indonesia, makanya bisa masuk #Kul_IF ini…aamiin

jikalau udah tercipta #positiveThinking maka selanjutnya ayo #positiveFeeling, maka kamu merasa sesuatu bangett deh….#Kul_IF

backToTopic..tip lanjutanya…jangan pernah egois ketika lagi #Kul_IF ini,sebab ngoding harus diselesaikan dengan tim agar efektif & efisien

aduh….ini ada bandrek dan duren pula dibawain teman…pending dulu ya twips…istirahat sejenak buat hal berguna tadi, yaitu makan dulu.he

alhamdulilah rombongan durian udah ditangani, rombongan bandrek nanti dulu…ayo kita lanjut yaa… 🙂

adakalany ngoding butuh kerja sendiri, tapi kebanyakan proyek2 software itu butuh produk yg handal, itu dak bisa dibuat sendiri lho #Kul_IF

mayoritas tugas selama #Kul_IF banyak yg berkelompok, jadi jgn pernah sepelekan temanmu, bisa aja nanti dia yg menjadi penolongmu…

tidak semua orang berbakat untuk ngoding (saya diantaranya), mkanya kita harus cerdas menyiasatinya, jgn dpaksa nian….#Kul_IF

makanya ketika kelompok dibagi, pas tugas2nya kita pilih jangan menjadi peng-coding utama, jadilah peng-coding cadangan #Kul_IF

maksudnya minimal kita harus tahu jalan/proses kodingnya, jangan ampe dak tahu…bukan bermaksud mengelak jadi peng-coding utama #Kul_IF

dengan mengetahuinya, rasanya luar biasa lho,sebab kita telah mengambil ilmunya walaupun baru sedikit,bisa saja itu awal yg bagus #Kul_IF

saya sering begitu lho…jujur aje…moga2 dengan begitu berkahnya ada…aamiin… 🙂

kalo twips emg tipikalnya seperti itu berarti setipe dengan saya, yaitu calon manager bahkan direktur, ingat kisah Bill Gates kan?? #Kul_IF

tips selanjutnya…binalah hubungan baik dengan dosen, karyawan, admin, dan lain2 yg ada di sekitar kampus,,itu sangat perlu lho #Kul_IF

bukan bermaksud dekat dengan dosen bakal ada jaminan nilai bakal tinggi, gak lah..kita hilangkan niat2 yg bisa menggangu itu semua, #Kul_IF

adanya hubungan yg baik dgn dosen akan mempermudah urusan kita termasuk kuliah, beliau2 tahu dimana letak kelemahan kita #Kul_IF

mereka tahu dimana bagusnya kita, bahkan banyak juga yg dikasih “job”, bukan berarti ada unsur nepotisme, mari perbaiki niat kita #Kul_IF

mereka tahu kita mungkin spesialisasi di bidang ini, nanti diduetkan dengn si B yg ahlinya disina….banyak untungnya lah…#Kul_IF

mgkin bnyak org lain yg menilai jelek ama kita, tetapi selagi kita memang benar, no problem lah…ngapain mikirin mereka…#Kul_IF

yang penting AKSI NYATA dari kita, bisa juga nanti dikasih job penelitian apa gitu….selalu #positiveFeeling aj deh…sesuatu bgt..#Kul_IF

banyak lagi lah untung kalo kita memang bisa menjalin hubungan baik dengan dosen, teman2 saya banyak kok yg udah “jadi”… #Kul_IF

selain dg dosen, dg karyawan sprti OB,admin dll harus diperhatikan juga, jgan sepelekan mereka lho…banyak ruginya ntar…#Kul_IF

sebenarnya masih banyak lagi ne pengalaman lain, cuman kok gak ingat2 yaa?? kalo teman2 bisa ngingatin silahkan ya….mention aja…#Kul_IF

mungkin sekian dulu ya..ada yg bilang saya lagi curhat ne…emg betul kok…semoga menjadi pembelajaran buat junior2 dan diambil ibrohnya 🙂

oya.masih ada neh, buat yg sedang2 aja logikanya di #Kul_IF tapi pengen nilai tinggi, maka tinggikan nilainya di makul lain yg non-logika 🙂

#melingkar


sedikit twit saya tentang #melingkar , check this out…

saya ingin sedikit berbagi mengenai #melingkar , apakah itu #melingkar ??

#melingkar yaitu sebuah tmpat membangun peradaban manusia muslim modern, disana segala hal dibahas,baik dari masalah kecil ampe yg besar

disana yang namanya ukhuwah akan digelorakan, yg namanya “Brotherhood” akan terasa banget, siapa yg udah #melingkar tunjuk tangan?? hehe

segala pahit, manis, asem dan asin nya kehidupan bisa dibagi kesana (kayak nano2), insyaAllah akan ada jalan keluar dari masalah,#melingkar

yg namanya Brotherhood tidak hanya menjadi sekedar omongan belaka,namun memang diaplikasikan nian, #melingkar

akan ada saling mengingati dan menasehati dalam kebaikan dan kebenaran,sesuai QS.AlAshr #melingkar

siapa yg benar2 ikhlas, semata2 karena Allah SWT dalam #melingkar , pastinya akan merindukan pekanan itu, yakinlah…

waktu 1 thun yg dijalani sekrang dalam #melingkar bahkan tidak akan terasa,cak baru mulainya kemaren… cepatnya bergulir roda waktu kehidupan..

yaaa itulah yg namanya kehidupan, ada PERTEMUAN maka pasti akan ada juga PERPISAHAN, begitu pula dalam #melingkar

dan jikalau kita niatkan PERTEMUAN dan PERPISAHAN itu karena Allah semata,insyaAllah kita termasuk golongan umatNya yg akan menjadi para penghuni surga kelak,aamiin 🙂

maksudnya disini bukan berpisah dengan #melingkar yaaa, namun ukhuwah yang telah diharmonisasikan dalm #melingkar harus dipisah2 terlebih dahulu

mungkin saja untuk menambah harmonisasi ukhuwah dengan pribadi lain, pribadi yg mungkin kita kenal ataupun belum dikenal #melingkar

yap… #melingkar tdk hanya mengajarkan bgmna mjdi Muslim yg Paripurna, lebih dari itu juga bagaimana menjalin ukhuwah dengan sesama…

kalo istilah kerennya mungkin hablumminannas… #melingkar

sekarang udah siapkah kita jikalau harmonisasi ukhuwah dalam #melingkar itu terjadi pada kita?? #mariTanyaHati

apakah kita akan tetap #melingkar ,atau mungkin saja mengendur secara perlahan semangat #melingkar itu?? ayo siapa yg bisa jawab?? hehe

pasca harmonisasi ukhuwah dalam #melingkar ini akan kelihatan siapa2 yg #melingkar karena Allah atau ???

atau karena makhluk-Nya, semoga semua ukhuwah yg terjalin ini karena Lillahi Taala…. #melingkar

maka dari itu bagi yang #melingkar kita niatkan apa2 yang kita lakukan disana karena Allah,insyaAllah apa2 yg kita dapatkan menjadi barokah…

segala hal yg didapat dari #melingkar semoga menjadi bekal buat kita sebelum terjun bebas ke dalam dunia yg sebenernya, dunia pasca kampus…

dunia yg menuntut kita tahanbanting,harus punya semangat yg tidak pernah mati,min hanya redup baelah,nanti akn terang lagi karena #melingkar

#melingkar mungkin bisa disebut chargernya/tempat isi ulang hati ini,hati yg turun naik dalam mensyukuri nikmat yang Allah berikan kpda kita

ada pepatah kuno, #melingkar bukanlah segalanya namun segalanya dlm hidup bisa berawal dari #melingkar ,agar kita bisa HIDUP LEBIH HIDUP!!

yap itu mungkin sedikit ttg  #melingkar yg saya rasakan, mengapa saya buat ini?? karena bentar lagi akan ada harmonisasi ukhwuwah dlm dalam #melingkar

but, its no probelem ma men,dengan siapapun nantinya ukhuwah yg akan dirajut, insyaAllah harus siap… *siapGakYe?? #melingkar

edisi #melingkar kali ini end,mungkin nanti bisa ditambah lagi di lain waktu… rasakan sensasinya…mantap….